Minggu, 20 Mei 2018

Cambridge Analytica : Si Pembobol data Facebook

Akhir akhir ini ramai terdengar berita facebook akan di tutup gara gara Cambridge Analytica. Ko gara gara Cambridge Analytica sih? Ya karena kononnya Cambridge Analytica menggunakan data pengguna facebook untuk kepentingan pemilu Pesiden Amerika. Ko bisa? Ternyata gini caranya data di facebook di bobol.

Cambridge Analytica membangun sebuah aplikasi yang berbentuk seperti survei dan kemudian memposting nya di halaman kamu. Jika kamu mengikuti atau menggunakan aplikasi tersebut maka secara tidak langsung kamu telah menyebarkan aplikasi ini untuk di gunakan teman teman kamu. Selain itu aplikasi ini mengumpulkan data data profil pribadi kamu dan aktifitas pribadi kamu.
Aktifitas apa saja yang di kumpulkan oleh aplikasi ini? aktifitas sedehana seperti like, share, komentar dan postingan kita. Itulah aktifitas yang di kumpulkan oleh aplikasi ini.
Jadi sebenarnya bukan facebook yang di bobol oleh Cambridge Analytica, tapi ini salahsatu kesalahan penggunan facebook sendiri yang mengijinkan aplikasi ini untuk mengakses data pribadi penggunana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar